Emak Daily

AYAH #2

2019⁣⁣ ⁣⁣ “Ayah, beneran nak nyuruh Via ke gontor?”⁣⁣ ⁣⁣ “Ini nih lah telat malah ayah ni. Harusnyo kemaren dari masuk SMP dio udah disano”⁣⁣ ⁣⁣ “Tapi gontor kan jauh, yah. Kalo ado apo-apo cakmano”⁣⁣ ⁣⁣ “Yo dak cakmano-cakmano. Kagek adek jugo e men ayah lah dak katek jangan idak masukin pondok”⁣⁣ ⁣⁣ “Ngapo sih …

Continue Reading
Emak Daily

AYAH #1

Ramadhan, 1995⁣ ⁣ “Ayah, emang kito biso e selama romadhon khatam dari sejuz sehari?” (Iim 5 tahun)⁣ ⁣ “Yo biso lah, cubo itung satu juz berapo lembar, nah duo kan itu kau baco tiap abis sholat kagek khatam kau sebulan Ramadhan. Nak mintak apo bae dikabulke samo Allah. Nak mintak apo kau?”⁣ ⁣ “Aku pengen …

Continue Reading
Emak Daily

SEKOLAH TK DI KOREA

Lama sekali rasanya tak berkunjung dimari. Wohooo baiklah, mencoba mengumpulkan kekuatan lagi, tulisan pertama sejak hiatus lama tentang sekolah kakak dan adik di Korea. Karena anak-anak saya masih pada piyik-piyik balita jadinya di sesuaikan ya judulnya, sekolahnya juga tentu sekolah balita a.k.a TK a.k.a PAUD kalau di Indonesia, malah ada istilah lain lagi ya KOBER …

Continue Reading
Emak Daily

6 Tempat Buka Puasa Gratis di Bandung

Kamu di Bandung dan mau buka puasa gratis? Coba datangi satu-satu tempat ini. Masjid Daarut Tauhiid Bagi mahasiswa UPI sudah tidak asing lagi ya dengan takjil gratisan dari masjid DT. Biasanya orang-orang baru belum banyak yang tahu kalau tempat berbuka lesehannya para santri juga dapat dinikmati oleh jemaah umum. Berbagai hidangan takjil khas Tanah Parahyangan …

Continue Reading
Emak Daily

KOLAK DENGAN DAUN PANDAN KERING DI KOREA

Disini, saya tidak akan memberikan resep kolak ya karena sudah banyak tersedia di luaran sana. Disini saya mau bercerita bagaimana menjelang datangnya bulan puasa saya mencari-cari bahan makanan tanah air agar dapat tetap membuatkan hidangan nusantara walau kami sedang berada di Korea. Dimulai dari mendata masakan apa saja yang akan dibuat, dan salah satunya adalah …

Continue Reading
Emak Daily

RAMADHAN PERTAMA KAMI DI KOREA

Alhamdulillah, qadarullah di tahun ini kami menunaikan ibadah Ramadhan dalam keadaan tidak biasa. Ya, tidak biasa menurut kami, dalam keadaan jauh di perantauan. Dimana ibadah Ramadhan menjadi sebuah ritual minoritas. Tak ada suara beduk orang-orang membangunkan sahur, tak ada iklan sirup wkwkwk, tak ada anak-anak yang berlarian menuju masjid dan surau di waktu tarawih tiba, …

Continue Reading